logoblog

Cara Memilih Semangka Yang Benar

Cara Memilih Semangka Yang Benar

Tips Dapur

Dibaca:1628 close
Cara Memilih Semangka Yang Benar
share

Siapa tak kenal semangka? dalam bahasa Inggrisnya Watermelon, mungkin karena bulat seperli melon dan mengandung banyak air. Semangka adalah buah yang paling sering dikonsumsi sebagai buah penutup atau fruit dessert.  Rasa segar dari buah semangka ini memang paling cocok untuk dijadikan pencuci mulut, rasanya yang manis juga membuat semangka sangat disukai oleh banyak orang. Beberapa olahan dari daging buah semangka juga beragam, mulai dari jus, sup buah dan es buah. Pokoknya, banyak yang menggunakan semangka sebagai buah utama atau sekedar campuran.

Dalam urusan memilih buah semangka, ada 3 hal yang perlu diperhatikan, mulai dari warna kulitnya, suaranya ketika diketuk dan beratnya. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan buah semangka yang matang dengan sempurna, karena buah semangka yang belum matang tidak memiliki rasa yang manis, hanya banyak kandungan airnya saja.

Oleh karena itu, yuk simak tips memilih semangka berikut ini:

Tepuk-Tepuk Permukaannya

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah suaranya. Kalau saat ditepuk, suara yang dihasilkan semangka masih bergema kencang besar kemungkinan semangka tersebut belum matang. Namun jika suara yang dihasilkan tak begitu nyaring, semangka tersebut berarti sudah matang dan manis.

Warna Kulitnya

Cara Memilih Semangka Yang Benar

Umumnya semangka memang berwarna hijau dengan garis-garis hijau muda yang mengelilinginya, perhatikan pada bagian pangkal semangka, apabila masih berwarna kuning pucat, maka semangka ini belum matang. Namun jika semangka sudah sempurna berwarna hijau pada seluruh bagiannya, maka dapat dipastikan kalau semangka tersebut sudah matang.

Memilih semangka yang baik bisa anda lakukan dengan cara melihat bagian bawah semangka, bagian bawahnya terdapat bercak kuning yang berbentuk lingkaran. Semakin lebar bercak tersebut dan semakin tua warna kuning tersebut maka itu semakin bagus karena itu artiya semaangka mendapat sinar matahari yang cukup.

Selain itu, kamu perlu menghindari semangka yang terdapat bercak putih karena itu berarti semangka itu tidak mendapat sinar matahari yang cukup. Dengan mengetuknya, kamu juga bisa mengetahui apakah semangka itu matang atau tidak. Jika bunyinya nyaring maka artinya semangka belum matang. Sebaliknya, jika bunyinya dalam dan tidak menggema, maka artinya semaangka sudah matang.

Beratnya

Semangka kaya akan kandungan mineral yang membuat bobot tubuhnya semakin berat ketika buah tersebut sudah matang. Nah, apabila semangka yang akan dipilih ini beratnya sudah terasa pas dan mantap, berarti kandungan air didalamnya juga banyak. Ini menandakan kalau semangka sudah siap untuk disantap.

Itu dia bu, 3 tips dalam memilih semangka, pastikan agar rutin mengkonsumsi buah ini ya bu, karena buah ini memiliki berbagai vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

 

Artikel Terkait

Resep Bolu Semangka yang Praktis dan Enak.

Resep Bolu Semangka yang Praktis dan Enak . Bolu semangka adalah kue bolu yang sedang hits, karena kreasi yang cantik untuk ... Selengkapnya

Ingin Menikmati Sushi, Ini Cara Yang Benar

Restoran  sushi di Jakarta sekarang sudah makin menjamur, mulai dari chain sushi restoran yang terkenal sampai warung sushi kaki lima yang ... Selengkapnya

Cara Yang Benar Menyimpan ASI Perah

Seiring banyaknya ibu-ibu menyusui namun harus bekerja di luar rumah, kali ini kami akan membahas pentingnya mengetahui penyimpanan ASI Perah yang ... Selengkapnya

Ingin Membeli Hunian Di Kompleks Perumahan? Ada Tipsnya Sebelum Memilih

Banyak sekali perumahan baru yang menawarkan berbagai kemudahan dan type rumah, membeli rumah di kompleks perumahan bisa menjadi langkah praktis untuk ... Selengkapnya


advertisement
Masih Hangat
 
Banyak Dilihat

Akhir Artikel

Buka Kategori Untuk Info Menarik Lainnya